Inilah 7 Tempat Wisata di Sidoarjo untuk Melepas Penat

tempat wisata di Sidoarjo

Inilah 7 Tempat Wisata di Sidoarjo untuk Melepas Penat. Kota Sidoarjo adalah ibu kota dari Kabupaten Sidoarjo di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Memasuki usia 160 tahun, kota ini telah melewati 3 fase perubahan penguasa, mulai dari masa kerajaan, penjajahan Belanda, sampai kini pemerintahan Republik Indonesia.

Meskipun sempat dilanda bencana lumpur yang  dikenal dengan Lumpur Lapindo pada tahun 2006, Sidoarjo kini telah berkembang pesat, bahkan beberapa bagian dari kawah lumpur itu telah disulap menjadi berbagai tempat wisata menarik.

Di kota ini, ada berbagai jenis obyek wisata, termasuk pulau, pantai, taman, museum, candi, dan masih banyak lagi. Berikut adalah tempat-tempat wisata terbaik di Sidoarjo yang harus dikunjungi untuk melepas penat. Perhatikan juga artikel menarik tentang jasa penulis artikel ini ya.

Ragam Tempat Wisata di Sidoarjo

 

tempat wisata di Sidoarjo
tempat wisata di Sidoarjo

Pulau Sarinah

Indonesia memang tepat untuk dijuluki sebagai negara kepulauan, karena memiliki banyak pulau eksotis, salah satunya Pulau Sarinah. Pulau di Desa Tlocor, Jabon ini adalah hasil sedimentasi semburan lumpur Lapindo yang terjadi 15 tahun lalu. Dengan luas sekitar 80 hektar, pulau ini telah ditanami pohon bakau beserta aneka tanaman lainnya. Tersedia Paket Wisata Bahari Tlocor seharga Rp150.000 – Rp200.000.

Pantai Kepetingan

Berada di Desa Sawohan, Buduran, Anda bisa mengunjungi pantai serta hutan bakau ini tanpa biaya pukul 05.00-15.00 setiap hari, kecuali Anda membawa kendaraan pribadi. Telusuri pantai ini dengan sampan sambil mendengar kicauan kawanan burung.

Anda juga bisa melaksanakan wisata religi, karena dusun Kepetingan memuat makam putri yang merupakan ibu salah satu wali songo. Kalau beruntung, Anda bisa menonton Acara Nyadran yang merupakan ritual pengucapan syukur kepada Tuhan Yang Masa Esa atas melimpahnya tangkapan ikan yang merupakan sumber penghidupan sebagian besar warga sekitar.

Suncity Waterpark

Musim kemarau adalah saat  tepat untuk berenang dan bermain air. Suncity Waterpark menyediakan wahana air mancur, dragon sliding, lazy river, dan lain-lain yang bisa dinikmati setiap hari pukul 10.00-18.00 dengan tiket masuk sebesar Rp25.000 pada hari biasa dan Rp30.000 pada akhir pekan.

Taman Dwakerta Porong

Bagian utara dari taman asri ini menawarkan area yang instagramable, sementara bagian selatannya menawarkan area bermain untuk anak-anak. Anda tidak perlu membayar biaya tiket masuk, melainkan hanya membayar parkir jika membawa kendaraan pribadi. Taman ini buka pukul 06.00-20.00 di Jl. Nasional 1, Porong.

Alun-Alun Sidoarjo

Tak lengkap jika tidak mengunjungi Alun-alun Sidoarjo. Anda dapat duduk santai atau berlari santai atau mengelilingi alun-alun menggunakan kereta kuda di sekitarnya sambil menikmati berbagai macam kuliner khas Sidoarjo. Anda bisa mengunjunginya kapan saja dan hanya perlu membayar karcis parkir apabila membawa kendaraan pribadi.

Tempat Wisata di Sidoarjo yang bersejarah – Museum Mpu Tantular

Museum ini sangat cocok bagi para pencinta sejarah, karena memuat aneka ragam benda bersejarah, seperti peninggalan kerajaan, etnologi, dan numismatika. Museum seluas 3,3 hektar ini berlokasi di Jl. Raya Buduran-Jembatan Layang dan beroperasi setiap hari kecuali Senin dengan biaya masuk sebesar Rp4.000. Minggu beroperasi sampai pukul 13.30, Selasa-Kamis sampai pukul 15.00, Jumat sampai pukul 14.00, dan Sabtu sampai pukul 12.30.

Candi Pari

Candi dari Kerajaan Majapahit ini didirikan sekitar tahun 1371 Masehi. Candi berbentuk persegi empat ini memiliki bentuk atap yang mirip atap candi-candi Kerajaan Khmer (Kamboja) dan Kerajaan Champa (Vietnam). Candi yang masih aktif digunakan umat Hindu ini terletak di Desa Candi Pari, Porong. Dengan Rp3.000, Anda bisa mengunjunginya pukul 07.00-16.00 setiap hari.

Demikianlah 7 tempat wisata di Sidoarjo yang patut dikunjungi untuk melepas penat. Anda bisa memilih berbagai tempat wisata outdoor maupun indoor. Selamat berlibur dan jangan lupa senantiasa terapkan protokol kesehatan!

 

 

 

 

 

 

 

About the Author: team2